Sat. May 18th, 2024
Berbagi Informasi

Sragen, Jawa Tengah – Nasi tumpang merupakan makanan khas Kabupaten Sragen. Banyak warung atau rumah makan yang menyajikan menu utama nasi tumpang yang cukup legendaris di Bumi Sukowati.

Salah satunya warung nasi tumpang Bu Rijem yang beralamat di Jalan Solo – Sragen, Desa/Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen.

Nampak dari luar warung nasi tumpang Bu Rijem sangat sederhana karena bangunan masih dipertahankan sejak dibuka sekitar tahun 1970-an.

Satu porsi nasi tumpang Mbah Rijem terdiri dari nasi, sayur daun pepaya, tauge yang kemudian disiram dengan sambal tumpang diatasnya.

Terlihat sambal tumpang yang dibuat dari tempe tersebut tak berbeda dari sambal tumpang lainnya dengan isian tahu.

Namun, ketika sampai di mulut, nasi tumpang ala Bu Rijem memiliki sensasi tersendiri dengan tambahan rasa pedas yang pas.

Seorang karyawan, Lastri (48) mengatakan cita rasa nasi tumpang ala Bu Rijem masih dipertahankan hingga tiga generasi ketiga kini.

“Dari pertama memang nasi tumpang, dalam sehari bisa habis 15 buah tempe yang berukuran panjang dan tebal itu,”.

“Alhamdulillah yang beli banyak,” ujarnya. Warung yang kini dikelola cucu dari Bu Rijem tersebut memang sengaja tidak merubah warung tersebut, karena dengan suasana rumah zaman dulu itulah yang dikangeni pelanggannya.

Ia mengaku tidak ada resep khusus dalam membuat sambal tumpang yang sudah dipertahankan turun temurun itu.  “Tidak ada resep khusus, yang masak aja yang pintar,” singkatnya.

Meski sudah legendaris, harga satu porsi nasi tumpang Bu Rijem hanya RP 5.000 saja, dan ditambah Rp 3.000 jika ditambah telur.

Sudah ada sejak puluhan tahun, warung nasi tumpang Bu Rijem sering dikunjungi para pejabat di Kabupaten Sragen. Bahkan, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati juga sering mampir ke warung sangat sederhana itu.

“Bupati Yuni kalau kunjungan lewat sini sering mampir, DPRD dan pejabat juga sering datang kesini,” singkatnya.

Warung Nasi Tumpang Bu Rijem buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga habis.  Jika ingin ke Warung Nasi Tumpang Bu Rijem patokannya berada tepat disamping apotek Masaran, dari arah Solo berada di kiri jalan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.