Sat. May 18th, 2024
Berbagi Informasi

Yogyakarta – Universitas Gadjah Mada (UGM) punya calon rektor baru periode 2022-2027, Ova Emilia.
Dekan sekaligus Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) itu terpilih sebagai rektor usai meraih 21 suara dari 25 anggota Majelis Wali Amanat (MWA), pada Jumat (20/5).

Ova mengungguli kandidat calon rektor UGM lain, Bambang Agus Kironoto dengan torehan satu suara, dan Deendarlianto tiga suara.

Ova menjadi Rektor UGM perempuan kedua di UGM, setelah sebelumnya digawangi Dwikorita Karnawati periode 2014-2017, yang kini menjabat sebagai kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Ova yang merupakan kelahiran Yogyakarta, 19 Februari 1964 ini menamatkan pendidikan sarjana di UGM pada 1987. Kemudian melanjutkan pascasarjana di University of Dundee, Skotlandia pada 1990.

Dia menjalani pendidikan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di UGM pada 1996 – 2000, kemudian S3 Clinical Teaching di University of New South Wales dan pendidikan dokter subspesialis di UGM pada 2009.

Ova juga menjabat sebagai Dekan di FK-KMK sejak 2016. Selain itu, dia juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia sejak 2018.

Sejumlah penghargaan pernah ia dapatkan, di antaranya First prize for young gynecologist award tahun 1998 dan SIDA Award tahun 2006. Ova punya sederet pengalaman menulis buku dan jurnal internasional, serta membangun inovasi, advokasi dan kebijakan.

Pada 2012-2020 misalnya, Ova membentuk kurikulum untuk dokter pelayanan KB. Kurikulum ini menjadi model pelatihan yang diangkat secara nasional dan diterapkan di Fakultas Kedokteran di Indonesia.

Dikutip situs resmi UGM, lewat paparan strategi dan program kerja dia menguraikan sejumlah strategi untuk memperkuat pendidikan transdisiplin untuk mendorong kewirausahaan sosial, kemandirian dan keberagaman.

Sebagai informasi, anggota MWA yang ikut ambil suara dalam pemilihan Rektor UGM ini di antaranya, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Rencananya, pelantikan calon rektor baru dilaksanakan pada 27 Mei 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.