Sat. May 18th, 2024
Berbagi Informasi

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan keprihatinan sekaligus kecaman terhadap pernyataan dua politisi partai Partai Bharatiya Janata (BJP) yang menghina Nabi Muhammad SAW. Itu disampaikan Retno saat menghadiri pertemuan para Menlu ASEAN-India di New Delhi, India.

“Saya sampaikan secara khusus kepada Menlu India mengenai keprihatinan dan kecaman terhadap pernyataan dua politisi partai BJP yang menghina Nabi Muhammad,” kata Retno dalam keterangan persnya, Sabtu (18/6/2022).

Usai menyampaikan, Retno mendapatkan keterangan dari Menlu India Jaishankar kalau pernyataan dari dua politisi Partai BJP, Nupur Sharma dan Naveen Jindal tidak mencerminkan posisi partainya.

“(dan) sama sekali juga tidak mencerminkan posisi pemerintah,” ujarnya.

Menlu India juga menyebut kalau dua politisi tersebut sudah diberhentikan dari jabatannya. Keduanya juga sudah dinonaktifkan dari Partai PJB.

Kemudian Menlu India juga menyampaikan kembali sikap dari Partai PJB, di mana mereka menghormati semua agama, menolak dengan keras penghinaan terhadap agama, dan menentang dengan keras ideologi yang menghina atau merendahkan agama tertentu.

“Saya ulangi apa yang saya sampaikan di pertemuan para Menlu ASEAN-India mengenai pentingnya terus dikembangkan budaya toleransi dan saling menghormati,” tuturnya.

“Hanya dengan saling menghormati perbedaan termasuk perbedaan agama maka persahabatan dan kerjasama akan dapat terus diperkuat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.