Berbagi Informasi

Ratusan mahasiswa dan dosen tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah II-B Lampung,  berdemonstrasi di Kantor DPRD Lampung, Selasa (27/9/2022).

Kedatangan dosen dan mahasiswa perguruan tinggi swasta di Lampung itu dalam rangka menuntut pembubaran Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT).

Koordinator Lapangan (Korlap) Aptisi Wilayah II-B Lampung Muprihan Thaib mengatakan, LAM-PT mengandung bisnis dan membebani perguruan tinggi sehingga harus dibubarkan.

Sebagai gantinya, mereka mengusulkan agar lembaga akreditasi dikembalikan lagi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Kami juga membawa tiga tuntutan lainnya, berkaitan dengan perguruan tinggi swasta. Kami juga meminta pemerintah, agar menghentikan penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur mandiri,” kata Muprihan Thaib dikutip dari Lampungpro.co.

Mereka menilai, dengan adanya PMB di perguruan tinggi, hal itu sangat memberatkan perguruan tinggi swasta.

Aptisi juga meminta, agar uji komptensi yang dilaksanakan komite, untuk dibubarkan dan dikembalikan ke pengelola perguruan tinggi.

“Kami juga meminta, agar menunda pembahasan rancangan undang-undang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Hal itu agar tidak merugikan pendidik, karena Aptisi tidak pernah dilibatkan dalam pengkajian RUU Sisdiknas,” ujar Muprihan.

Sumber: lampungpro.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.