Sun. Jun 16th, 2024
Berbagi Informasi

Hari kedua Bazar dan Expo Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah 2022, ribuan penggembira memadati di De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jumat (18/11/2022).

Seperti diketahui, Bazar dan Expo tersebut diikuti 512 stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Muhammadiyah dan umum. Stan-stan itu berada di luar gedung De Tjolomadoe. Sedangkan di dalam gedung ada Muhammadiyah Innovation And Technology (MAIT) Expo yang diikuti 98 stan perguruan tinggi dan SMA/SMK persyarikatan Muhammadiyah dan sponsor.

Pada hari kedua pameran yang berlangsung 17-21 November tersebut, pengunjung memenuhi jalur-jalur yang telah dipersiapkan sebagai lalu lintas pengunjung. Mereka mengamati berbagai produk dan informasi yang dipajang di masing-masing stan. Jika tertarik, mereka pun bisa membeli produk tersebut atau sekadar menggali informasi lebih jauh kepada penjaga stan.

Sukarelawan memungut dan menempatkan sampah dari area Bazar dan Expo di De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jumat (18/11/2022).

Sementara itu, dalam pameran tersebut para penjaga stan juga aktif memberikan informasi dengan cara membagikan flyer atau brosur kepada pengunjung. Di sisi lain, entah tercecer atau pengunjung tidak tertarik dengan informasi di dalamnya, banyak flyer atau selebaran yang berceceran dan menjadi sampah di sepanjang jalur pameran.

Baca Juga: Pengunjung Padati MAIT Expo di De Tjolomadoe, Meriahkan Muktamar Muhammadiyah

Namun kondisi jalur atau area pameran yang banyak sampah flyer tersebut tidak berlangsung lama. Panitia telah mengantisipasinya dengan mengerahkan sukarelawan pemungut sampah.

Beberapa jam sekali para sukarelawan menyusuri jalur-jalur dan area pameran untuk memungut sampah-sampah yang ada. “Tugas kami adalah menjaga supaya kebersihan area pameran tetap terjaga. Kami keliling untuk memungut sampah yang berceceran di sepanjang jalur,” ujar salah satu sukarelawan, Safira Dwi Ariyanti, yang juga siswa SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.

Sukarelawan lainnya, Ajeng Putri Hapsari, menambahkan selain memungut sampah, tugas lainnya  adalah mengganti kantong sampah yang sudah penuh dengan kantong yang baru.

Baca Juga: Ramaikan Pameran Muktamar di Colomadu, RS Indriati Buka Layanan Cek Kesehatan

Ada juga sukarelawan lain yang melakukan sosialisasi kepada pengunjung tentang kebersihan dengan membawa papan bertuliskan pesan-pesan. Di antaranya “Kawasan Muktamar Kawasan Bebas Sampah, Menjaga Lingkungan Hari Ini Untuk Kebaikan Generasi Mendatang”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.