Sat. Apr 13th, 2024
Berbagi Informasi

Firma riset OpenSignal mengungkapkan bahwa kecepatan internet 5G masih unggul jauh dibanding 4G dan Wifi. Secara urutan, internet 4G juga masih di atas Wifi.

OpenSignal sendiri membandingkan kecepatan antara jaringan 5G, 4G, dan Wifi saat mengunduh (download), unggah (upload), bermain game mobile, hingga streaming video. Hasilnya 5G unggul di semua aspek tersebut.

“Hasil kami menunjukkan bahwa pengguna Indonesia sekarang menikmati kecepatan unduh dan unggah tercepat, serta pengalaman streaming video dan game multiplayer terbaik saat terhubung ke 5G,” kata OpenSignal dalam situs resminya, Jumat (2/12/2022).

Untuk aspek download, jaringan 5G memimpin dengan rata-rata kecepatan 56,4 Mbps. Angka itu 3,3 kali lebih cepat dari 4G dan 3,9 kali lebih cepat dari Wifi.

Jaringan 4G sendiri memiliki kecepatan unduh rata-rata 17 Mbps. Angka ini 16,4 persen lebih tinggi dari 14,6 Mbps yang ada di Wifi.

untuk kecepatan upload 5G memimpin dengan rata-rata 19,6 Mbps. Hasil itu lebih tinggi 2,5 kali dari 4G dan 3,1 kali dari Wifi.

Sebagai perbandingan rata-rata kecepatan unggah 4G mencapai 7,7 Mbps. Ini 22,2 persen lebih cepat dari kecepatan rata-rata 6,3 Mbps yang dimiliki Wifi.

“Kecepatan unggah sangat penting untuk berbagi ke media sosial, mengirim lampiran email berukuran besar, melakukan panggilan video, dan terhubung ke jaringan kerja menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN),” lanjut OpenSignal.

Kategori selanjutnya adalah pengalaman streaming video yang posisi tertingginya ditempati 5G dengan skor 67,4 dari skala 100 poin. OpenSignal menjelaskan kalau skor ini masuk kategori sangat bagus (very good), yang berarti waktu loading umumnya cepat dan hanya sesekali macet.

Jaringan 4G dan Wifi memiliki skor masing-masing 44,9 dan 42,6. Angka ini diposisikan OpenSignal sebagai kategori Fair, dua level lebih rendah dari kecepatan 5G.

Aspek terakhir ada pengalaman bermain game yang juga masih dimenangi jaringan 5G dengan skor 77,3 poin dari skala 100. Jika sebelumnya 4G di atas Wifi, kini kondisinya terbalik.

Kecepatan jaringan Wifi untuk pengalaman bermain game mencapai 68,3, lebih tinggi dari 4G dengan skor 64,6 dari skala 100 poin.

Dari riset ini OpenSignal menyimpulkan kalau orang Indonesia akan mendapatkan manfaat dengan beralih ke internet 5G. Namun jaringan generasi kelima ini mesti diperluas secara signifikan karena di sebagian besar wilayah Indonesia masih bergantung pada jaringan 4G.

Kendati demikian, OpenSignal mengatakan kalau Wifi dan jaringan seluler tak dapat dipisahkan. Keduanya akan saling melengkapi dan terus berdampingan untuk meningkatkan konektivitas.

“Misalnya akan selalu ada beberapa lokasi dalam ruangan di mana Wifi berfungsi lebih baik karena sinyal mobile mungkin tidak menjangkau ke dalam beberapa gedung,” ucap OpenSignal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.