Sat. Apr 20th, 2024
Berbagi Informasi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik dan mengambil sumpah delapan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan tiga Pejabat Administrator di Lingkungan Kementerian ESDM pada Rabu (31/5).

Dalam arahannya, Arifin menyampaikan tugas pemerintah dalam memenuhi penyediaan tenaga listrik sebagai kebutuhan pokok.

“Kita ketahui bersama bahwa tenaga listrik saat ini telah menjadi kebutuhan pokok di masyarakat. Pemerintah harus menyediakan listrik dengan andal, terjangkau, dan ramah lingkungan (rendah emisi),” kata Arifin dikutip Kamis (1/6/2023).

Khusus kepada Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan yang dilantik, Menteri ESDM menugaskan untuk dapat menyediakan tenaga listrik untuk masyarakat belum berlistrik khususnya masyarakat yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) dengan harga yang terjangkau.

“Untuk Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan yang baru saja promosi saya minta dalam pengusahaan tenaga listrik perlu upaya pengendalian dan pembenahan serta efisiensi sehingga harga listrik dapat terjangkau bagi masyarakat. Selain itu memastikan ketersediaan listrik bagi seluruh masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah 3T,” ujar Arifin.

Untuk merealisasikan hal itu, menurut Arifin, diperlukan perencanaan, strategi, inovasi dan kebijakan yang tepat untuk diputuskan dan dilaksanakan agar sektor ketenagalistrikan mampu menghasilkan energi bersih bagi masa depan negeri dan generasi selanjutnya.

Sementara itu, kepada para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lain yang juga dilantik hari ini, Arifin meminta agar dapat memahami tanggung jawab yang diembannya dan harus gigih serta tangguh dalam melaksanakan tugasnya.

“Saya ingin para pejabat Pimpinan Tinggi ini memahami berbagai tantangan dan sekaligus tanggung jawab yang harus diemban serta bisa menjawab tantangan itu sendiri. Setiap pejabat harus tangguh dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan, namun juga harus mampu bergerak lincah dalam melaksanakan tugas secara professional,” pungkas Arifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.