Sat. Apr 13th, 2024
Berbagi Informasi

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap capaian National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang turut serta meramaikan pameran modifikasi Osaka Auto Messe (OAM) di Jepang pada 10-12 Februari 2024.

Partisipasi dari para pelaku industri modifikasi Indonesia di kancah internasional ini selain menunjukkan kreativitas dan inovasi karya anak bangsa, juga membawa misi untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

“Saya sangat optimistis, tujuan para modifikator Indonesia tampil di ajang bergengsi tersebut, akan ikut berperan penting menjadi dalam mengakselerasi pertumbuhan industri otomotif berbasis modifikasi di tanah air,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dikutip Senin (12/11/2024).

Lebih lanjut, menurut Menperin, sektor industri modifikasi otomotif yang semakin marak saat ini telah memberikan nilai tambah dan efek berganda terhadap berkembangnya industri komponen kendaraan aftermarket di dalam negeri. Utamanya yang berskala industri kecil dan menengah (IKM).

“Dengan perkembangan industri otomotif berbasis modifikasi ini juga berdampak pada meningkatnya penjualan kendaraan secara nasional. Apalagi, industri modifikasi merupakan sektor yang terbukti mampu membuka lapangan kerja cukup banyak sehingga tentunya dapat menggairahkan perekonomian nasional,” paparnya.

Dalam mendukung pengembangan industri modifikasi di tanah air, Kemenperin telah menginisiasi terbitnya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Industri Kendaraan Modifikasi dan telah disusun Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Industri Modifikasi.

Founder NMAA Andre Mulyadi mengemukakan bahwa upaya membawa produk aftermarket lokal di OAM 2024 merupakan gagasan NMAA yang ingin terus memperkuat kolaborasi dengan mitra strategis industri modifikasi Jepang.

“Di OAM 2024, para pegiat industri modifikasi Indonesia dan Jepang akan saling membuka peluang kerja sama. Terutama mengenai akselerasi industri modifikasi dan aftermarket karya kedua negara. Hubungan baik para pegiat industri modifkasi dari dua negara ini akan menyambut berbagai tantangan ke depan, termasuk berbagi ilmu, pengalaman, hingga mencari peluang bisnis,” jelas Andre yang juga sebagai Project Director Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX).

Mengusung tema kampanye Saber Great of Indonesia di OAM 2024, partisipasi ini sekaligus menjadi penanda dimulainya Road to Series IMX 2024 bertajuk ‘Road to The World’ yang pertama. Nantinya, akan berlanjut ke gelaran pre-event lain di berbagai kota hingga puncak acara “Big Bang” yang bakal dilaksanakan pada 4-6 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.