Sat. May 18th, 2024
Berbagi Informasi

Jakarta – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menilai ajang Formula E yang digelar Sabtu (4/6) belum bisa dikatakan sukses.

Menurut Giring ingar bingar dan ramainya penonton yang hadir ke Ancol bukan tolok ukur sebuah acara sukses. Ia menyebut, kesuksesan sebuah acara bertaraf internasional harus dilihat dari dampak ekonomi dan sosial ke masyarakat sekitar.

“Berhasil lihatnya dari mana? Apakah dilihat dari jumlah penontonnya, apakah dilihat dari jumlah keuntungannya, apakah dilihat dari dampak ekonominya ke masyarakat sekitar DKI Jakarta,” kata Giring saat ditemui di kawasan Kuningan, Senin (6/6).

“Makanya sukses tuh dilihat dari mana? Kalau cuma ramai dan ingar bingar saja sih itu bukan sukses,” ujarnya menambahkan.

Menurut Giring panitia penyelenggara Formula E dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus segera membuka ke publik apakah Formula E memberi keuntungan atau malah justru merugi.

Giring berharap ajang Formula E tidak membuat rugi keuangan daerah, dan berujung menggunakan pajak rakyat untuk menutup kerugian tersebut.

“Kalau untung, uangnya dipakai buat apa? Terus kalau rugi, siapa yang nanggung? Jangan sampai nanti kalau rugi nanti yang nanggung uang pajak masyarakat,” paparnya.

Eks vokalis Nidji itu menegaskan pihaknya akan tetap mengkritisi hajatan balap mobil listrik tersebut. Pasalnya, itu bukan program prioritas bagi warga DKI.

Menurut dia ada sejumlah persoalan lain yang harusnya menjadi prioritas Pemprov DKI. Misalnya masalah polusi hingga kemacetan.

“Masih banyak kemacetan, masih banyak titik-titik banjir, polusi. Setelah pandemi Covid, bagaimana kita ngomongin menambah lapangan pekerjaan di DKI. Kemarin kita baru dengar banyak start up yang PHK karyawannya, ini bagaimana,” tuturnya.

Formula E Jakarta 2022 digelar di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu (4/6). Sejumlah pihak memuji pelaksanaan acara tersebut.

Apa yang disampaikan oleh Ketua Umum PSI tersebut, justru Bertolak belakang dengan ungkapan Para Pejabat Pemeritah, Masyarakat dan Berbagai pihak lainnya. Pasalnya Presiden Jokowi bahkan memuji penyelenggaraan Formula E yang berjalan dengan sangat baik dan dia juga hadir untuk menyaksikan rangkaian acara hingga selesai.

Presiden Joko Widodo juga bersyukur acara tersebut berjalan dengan baik. Jokowi juga berharap Formula E jadi balapan yang makin digemari di masa mendatang di Indonesia.

Bos Formula Alberto Longo bahkan memuji habis-habisan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai gelaran Jakarta E-Prix 2022. Menurutnya ajang Formula E Jakarta berjalan sukses.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan penyelenggaraan balap Formula E di Jakarta pada Sabtu (4/6/2022) sukses digelar. Bambang mengatakan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

“Sebuah prestasi yang membanggakan mengingat untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi yang pertama menyelenggarakan Formula E musim 2022,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons kritik Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha yang menyebut penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 tidak sukses.

Menurut Riza fakta di lapangan mengatakan sebaliknya. Ia mengatakan sejak proses perencanaan hingga pelaksanaan Sabtu (4/6) kemarin Formula berjalan lancar dan baik.

“Yang penting faktanya semua bisa melihat, mendengar langsung prosesnya dari perencanaan sampai pelaksanaan, Alhamdulillah berlangsung dengan baik,” kata Riza di Balai Kota, Senin malam (6/6).

Riza mengaku tak mau ambil pusing dengan kritik Giring. Menurut dia, kritik merupakan hak seluruh warga negara.

Di sisi lain, menurutnya, perhelatan balap mobil listrik itu sudah berjalan dengan sesuai harapan.

“Kalau ada yang berpendapat lain itu ya silakan saja, enggak ada masalah bagi kami,” ujar Riza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.