Sat. May 18th, 2024
Berbagi Informasi

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung telah membuat aplikasi sistem informasi ketenagakerjaan New BIMMA bagi warga Bandung yang sedang mencari kerja.

“Kita punya dari pusat sistem ketenagakerjaan, juga aplikasi, itu ada beberapa lowongan pekerjaan penempatan tidak hanya di kota Bandung kalau sesuai skil bekerja di perusahaan yang diluar kota bandung,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung, Andri Darusman di Balai Kota Bandung, Rabu (6/7/2022) seperti dilansir Tantrum.

Berbagai jenis layanan yang dapat diakses di aplikasi New BIMMA adalah pembuatan AK-1 (Kartu Pencari Kerja / Kartu Kuning), pendaftaran uji kompetensi, pemagangan kerja, pelatihan kerja, pengaduan dan informasi lowongan lerja

Selain itu, bagi warga Kota Bandung yang ingin memperoleh informasi ketenagakerjaan, juga bisa mengakses langsung melalui https://disnaker.bandung.go.id/.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sendiri menargetkan angka pengangguran terbuka turun menjadi 8 persen pada tahun 2022 ini. Saat ini angka pengganguran berada diangka 11,4 persen.

“Hari ini angka pengangguran itu 11,4 persen. Memang cukup tinggi ada kenaikan. Kemarin pandemi banyak hotel dan restoran termasuk kita pemerintahan juga ya terhambat,” ujar Andri Darusman.

Andri juga menargetkan angka pengangguran turun ke 8 persen dari 11,4 persen. Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi terus membaik di angka 3,78 persen setelah sempat terkontraksi minus 2 persen saat pandemi.

Guna mengurangi pengangguran, Disnaker terus melakukan pelatihan guna meningkatkan kompetensi angkatan kerja di Kota Bandung. Berbagai pelatihan tersebut di antaranya pelatihan kewirausahaan, pemasaran digital, programing, teknik mesin, serta pelatihan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.