Sat. May 18th, 2024
Berbagi Informasi

Jagat Twitter saat ini dihebohkan dengan berita viral soal penipuan minta isi Gopay. Penipuan itu biasanya dilakukan dengan mengirim pesan di media sosial untuk mengisikan saldo Gopay atau di Shopeepay, sebuah aplikasi belanja online.

Bagi pengguna Gopay, kamu sebenarnya tak perlu khawatir jika terjerat modus penipuan. Gojek memberikan instruksi untuk menangani modus penipuan dengan langkah-langkah berikut seperti dikutip dari https://www.gojek.com/id-id/help.

Segera laporkan kepada manajemen Gojek melalui halaman Bantuan yang terdapat pada menu Profil Saya di aplikasi Gojek atau klik tombol Hubungi Kami. Tombol Hubungi kami hanya tersedia jika kamu membuka halaman ini melalui handphone/tablet kamu

Jenis modus penipuan yang umumnya dilaporkan

1. Pembelian jual beli barang (termasuk yang berhubungan dengan game esports: Mobile Legends, Free Fire, dll.), jasa, ataupun pengisian saldo (top up) ke bank/akun seseorang kemudian penipu memblokir kontakmu agar tidak bisa melanjutkan percakapan

2. Memenangkan undian dengan hadiah berupa voucher, cashback, promo, atau uang tunai

3. Meminta kamu untuk mentransfer sejumlah uang atau saldo GoPay

4. Meminta kamu untuk membagikan kode OTP/PIN/Login Link

Kendati begitu, pelaporan penipuan tidak menjamin adanya pengembalian saldo. Permintaan pengembalian saldo hanya dipenuhi bila kasus memenuhi syarat dan ketentuan program Jaminan Saldo Kembali.

Untuk saat ini, Gojek tidak memberikan pengembalian saldo untuk laporan kasus penipuan jual beli, penipuan karena iming-iming hadiah, atau jika anda telah membagikan kode OTP/PIN/Login Link ke orang lain.

Alasan Harus Melaporkan Tindakan Penipuan

Setiap percobaan penipuan adalah hal yang sangat serius bagi kami dan setiap  laporan yang kami terima memampukan kami untuk semakin meningkatkan performa sistem pendeteksian kami agar dapat mencegah kegiatan merugikan terus berlanjut.

Selain menggunakan sistem pendeteksian, kami juga secara aktif menginvestigasi setiap laporan penipuan secara manual dan hati-hati untuk memastikan bahwa kasus-kasus yang dilaporkan ditangani secara tepat dan ditindak dengan tegas. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk dapat menciptakan ekosistem pembayaran  yang aman dan terhindar dari tindakan kecurangan.

Jadi, semakin detail laporanmu, akan semakin membantu GoPay menjadi lebih aman. Berikut bukti yang dibutuhkan untuk pelaporan:

1. Bukti screenshot/foto percakapan

2. Detail kontak penipu (nomor telepon/WhatsApp, nama akun media sosial, dll)

3. Bukti transfer (jika kehilangan uang)

4. Surat laporan dari kepolisian (jika ada)

Bagaimana supaya lain kali terhindar dari penipuan?

Untuk kedepannya, agar kamu selalu terhindar dari penipuan, selalu pastikan kebenaran informasi resmi tentang Gojek melalui kanal berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.