Sat. Apr 20th, 2024
Berbagi Informasi

Google bakal memberikan notifikasi ke pengguna apabila data pribadinya diekspos ke situs pencarian. Kebijakan ini mulai berlaku pada awal 2023 nanti.

Google akan memberitahu apabila data pribadi pengguna seperti nomor telepon, email, atau alamat rumah muncul di hasil pencarian, seperti diwartakan The Verge, Kamis (29/9/2022).

Peringatan notifikasi itu muncul di sebuah alat baru Google bernama ‘results about you’.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mempermudah permintaan penghapusan data pribadi apabila tertera di situs pencarian Google.

Tapi Google hanya akan menghapus hasil pencarian, bukan isi konten di web itu sendiri. Jadi informasi yang dicantumkan bakal tetap ada di situs tersebut.

Bedanya, data pribadi yang diunggah dalam situs itu bakal sulit ditemukan orang apabila dicari lewat Google.

Alat baru Google ini dinilai berguna bagi mereka yang memiliki jabatan tinggi atau sedang terancam pelecehan dari orang lain.

Fitur baru ini juga memudahkan pengguna agar tak repot lagi melaporkan konten yang sekiranya tak sesuai. Sebelumnya, mereka harus melaporkan sendiri situs yang berisi data pribadi lewat formulir Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.