Berbagi Informasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun rumah untuk warga korban gempa Cianjur Jawa Barat. Rumah baru itu berlokasi di desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatan, rumah baru untuk warga korban gempa dibangun dengan teknologi tahan gempa yang disebut rumah instan sederhana sehat (RISHA).

“Setelah berjalan 10 hari, tercatat sekitar 21 unit yang terbangun di lapangan dari total target 200 unit yang akan dibangun. Jumlahnya akan terus meningkat karena prosesnya cepat sekali dan lebih mudah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (12/12/2022).

Iwan melanjutkan, setelah melalui pertimbangan dari BMKG, bahwa lokasi pembangunan RISHA di Desa Sirnagalih dinyatakan layak untuk dibangun rumah untuk warga setempat.

Selain itu, badan Geologi juga menyebut, topografi daerah tersebut aman dan layak bangun serta sesuai tata ruang Pemda setempat.

“Rencana pembangunan 80 unit RISHA tahap pertama bisa selesai pada akhir Desember. Pada tahap kedua sebanyak 120 unit akan kami upayakan selesai pada minggu ketiga bulan Januari 2023,” jelas dia.

Dalam hal ini, Kementerian PUPR telah menunjuk PT Brantas Abipraya (Persero) untuk membangun rumah bagi korban gempa Cianjur.

“Ada juga peluang padat karya bagi masyarakat terdampak bencana yang kehilangan pekerjaan untuk bisa bekerja membangun RISHA,” pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.