Berbagi Informasi

Jakarta – PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), produsen cat Dulux, mendukung pemberdayaan desa/kampung wisata di Indonesia melalui program Let’s Colour dengan menghadirkan pesona baru berupa lukisan mural yang indah dan berwarna-warni. Program Let’s Colour membantu mengantarkan kawasan Suryatmajan di Yogyakarta meraih predikat sebagai Desa/Kampung Wisata Binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

Program Let’s Colour di Suryatmajan telah membuktikan kekuatan positif dari cat dan warna yang dapat mengubah lingkungan tempat tinggal, suasana dan kehidupan warga Suryatmajan. Peresmian pesona baru Suryatmajan diadakan hari ini sekaligus juga merayakan prestasi Suryatmajan yang secara resmi menjadi Desa/Kampung Wisata Binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif karena telah memenuhi persyaratan sebagai desa/kampung wisata (16/03/2023).

“Desa wisata merupakan salah satu destinasi pariwisata Indonesia yang memiliki potensi sangat besar bagi perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Kami optimistis desa wisata menjadi lokomotif kebangkitan sektor pariwisata Indonesia karena desa wisata tidak hanya menarik minat wisatawan, namun juga membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satu kriteria penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia adalah daya tarik pengunjung, yang merupakan potensi utama desa wisata yang memiliki keunikan dan keautentikan daya tarik wisata berupa alam dan buatan serta seni dan budaya. Sebagai salah satu upaya meningkatkan daya tarik pengunjung, masyarakat desa wisata dapat memperindah desa melalui kebersihan, keberlanjutan lingkungan dan warna-warni yang menarik.”, ungkap Dr. H. Sandiaga Uno, B.B.A., M.B.A., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.

Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata utama yang dikenal luas oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Saat ini, sektor pariwisata mulai bergeliat dan bergerak ke arah yang positif, dan Yogyakarta terus melakukan inovasi dalam rangka menarik wisatawan untuk berkunjung, antara lain dengan memperindah Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk kawasan Suryatmajan. Kami mengucapkan selamat kepada warga Suryatmajan atas diraihnya predikat sebagai Desa/Kampung Wisata Binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Prestasi ini merupakan hasil positif dari program Let’s Colour Dulux yang mana PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) memberikan dukungan bagi warga Suryatmajan untuk melukis mural pada dinding, pagar, jalan pemukiman dan bangunan rumah mereka sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, menggerakkan perekonomian setempat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”, tegas Sumadi, S.H., M.H., Pejabat Walikota Yogyakarta.

Selain itu, Yudhy Aryanto, Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), menyampaikan bahwa, “Program Let’s Colour menunjukkan nilai dari tujuan People.Planet.Paint. kami untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Kami yakin akan kekuatan cat untuk mengubah kehidupan masyarakat dan membuat lingkungan menjadi lebih indah dan menyenangkan. Bekerja sama dengan warga setempat, program Let’s Colour di Suryatmajan melalui lukisan mural mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Lukisan mural yang berwarna-warni menghadirkan pesona baru yang mendukung pariwisata Suryatmajan sehingga mengantarkan Suryatmajan meraih predikat Desa/Kampung Wisata Binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.”

Program Let’s Colour di Suryatmajan meliputi lukisan mural di dinding, pagar, jalan pemukiman dan bangunan rumah warga yang luasnya hampir 2.700 meter persegi dan menggunakan sekitar 800 liter cat Dulux. Kegiatan melukis mural ini juga melibatkan mahasiswa/i yang sedang melakukan kuliah kerja nyata dan Bergada Rakyat Suryatmajan – pasukan Prajurit warga Kelurahan Suryatmajan. Dengan keindahan lukisan mural yang merupakan pesona baru, kawasan Suryatmajan kini menjadi salah satu landmark populer yang menarik minat lebih banyak wisatawan untuk berkunjung.

“Atas nama warga Suryatmajan, saya mengucapkan terima kasih kepada PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) atas dukungan Perusahaan membantu meningkatkan sektor pariwisata di Suryatmajan melalui lukisan mural. Dengan suasana baru yang lebih hidup dan indah di Suryatmajan, kami meraih predikat sebagai Desa/Kampung Wisata Binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Kami bangga Suryatmajan diakui sebagai salah satu desa/kampung wisata di Indonesia, dan kami antusias menyambut lebih banyak wisatawan untuk menikmati keunikan serta keindahan Suryatmajan.”, ucap Andreas Danar Krissetyanto, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Suryatmajan, Yogyakarta.

Selain keindahan lukisan mural, kawasan Suryatmajan juga memiliki atraksi wisata lain. Kegiatan wisata lainnya yaitu Onthel Cycling Heritage Tour yang merupakan kegiatan wisata sepeda santai menyusuri kawasan garis Sumbu Filosofi: Panggung Krapyak – Kraton Yogyakarta -Tugu Pal Putih, kuliner serba jamur seperti bakpia jamur, kripik jamur, sate jamur hasil budidaya warga Suryatmajan serta workshop kerajinan daur ulang seperti bros atau kalung dari kain. Warga Suryatmajan memperoleh manfaat dari peningkatan kunjungan wisatawan yang pada akhirnya dapat memajukan perekonomian warga setempat.

Memberikan warna pada kawasan Suryatmajan sehingga suasana lingkungannya menjadi lebih hidup dan indah merupakan salah satu program Let’s Colour terkini di Indonesia. Sejak tahun 2016, program Let’s Colour di Indonesia telah diadakan di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Salatiga, dan Padang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.