Sat. Apr 20th, 2024
Berbagi Informasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Indonesia berpeluang menjual listrik ke Afrika Selatan.

Hal tersebut dikatakan Luhut dalam pertemuan dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. Luhut menjabarkan dalam pertemuan itu dia mengajak Pertamina dan PLN ikut serta.

“Kedatangan saya ke Afrika Selatan kali ini juga bersama Pertamina dan PLN, dimana mereka juga telah melakukan pembicaraan dengan mitra usaha di Afrika Selatan mengenai peluang untuk memasok listrik ke Afrika Selatan menggunakan gas dari konsesi kami di Mozambik,” ungkap Luhut dalam unggahannya di Instagram resmi @luhut.pandjaitan, Rabu (12/7/2023).

Pemerintah, kata Luhut, juga tengah menjalin relasi antara BUMN dengan perusahaan-perusahaan di Afrika Selatan untuk mengeksplorasi potensi kerja sama bisnis.

“Selain itu kami juga tengah menjalin relasi antara BUMN dengan pengusaha di Afrika Selatan yang fokus kepada pertambangan mineral kendaraan listrik, perdagangan B2B, keamanan energi seperti minyak dan gas, hingga perubahan iklim,” papar Luhut.

Luhut juga menjabarkan perjalanannya ke Afrika dimotori oleh spirit berbagi pengalaman tentang bagaimana industri hilirisasi mineral yang sedang didorong di dalam negeri menciptakan efek lanjutan terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa.

“Inilah komitmen kami terhadap solidaritas global untuk menciptakan kerja sama ekonomi yang kokoh, pertumbuhan ekonomi yang saling menguntungkan, serta menciptakan kesejahteraan rakyat kami bersama-sama,” beber Luhut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.