Fri. Feb 23rd, 2024
Berbagi Informasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memblokir Google Docs, sebuah perangkat pengolah kata di bawah naungan Google per Kamis (21/9/2023) malam.

Sejumlah pekerjaan bakal terganggu atas pemblokiran ini. Namun demikian, ada alternatif selain Google Docs dengan fungsi yang mirip untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Aplikasi alternatif ini bisa digunakan sembari menunggu Kemenkominfo membuka kembali akses terhadap Google Docs. Aplikasi juga berguna ketika kejadian yang sama terulang kembali. Berikut adalah lima aplikasi alternatif Google Docs.

 

LibreOffice Writer

Salah satu aplikasi paling populer sebagai alternatif Google Docs. LibreOffice merupakan open source yang fungsinya mirip dengan Microsoft Word. Aplikasi ini bisa mengolah dokumen dengan format doc. dan docx. Dengan sistem open source pengguna LibreOffice pun tumbuh menjadi komunitas yang kuat.

WPS Office Writer

Aplikasi alternatif Google Docs selanjutnya adalah WPS Office Writer. Pertama kali diluncurkan dengan nama Kingsoft Office, WPS Office mengandalkan fitur user interface berupa penggunaan tab sehingga lebih nyaman untuk membuka banyak file sekaligus. Di samping itu, WPS Office Writer juga sudah mendukung format file pdf dengan penyediaan cloud khusus sebesar 1 GB. Tidak heran jika aplikasi ini begitu populer di China dan negara-negara Asia Timur lain.

AbiWord

AbiWord adalah aplikasi favorit bagi pengguna notebook dengan dukungan spesifikasi yang rendah. Pasalnya aplikasi ini tidak banyak memakan RAM dengan kelengkapan fitur yang tidak kalah dengan Microsoft Word. Namun, kekurangannya, aplikasi ini lebih banyak hadir dalam sistem Linux.

 

Microsoft Word

Siapa yang tidak familiar dengan aplikasi pengolahan kata besutan Microsoft ini? Microsoft Word menawarkan fasilitas canggih untuk pembuatan dokumen, mulai dari pengetikan, editing, pembuatan tabel, atau grafis. Microsoft Word juga menyediakan fitur penyisipan gambar sehingga aplikasi ini pun mendukung untuk melakukan layout. Microsoft Word juga relatif mudah digunakan serta dapat dibeli bebarengan dengan pembelian laptop.

 

Apache OpenOffice Writer

Terakhir, jika Google Docs masih diblokir kamu bisa menggunakan Apache OpenOffice Writer. Aplikasi ini mirip dengan Microsoft Office 2023. Keunggulan lainnya, aplikasi ini bisa membuka semua format file dokumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.