Fri. Feb 23rd, 2024
Berbagi Informasi

Jakarta – Tanggal 26 Januari diperingati sebagai Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional atau International Environmental Education Day. Hari ini bertujuan mengidentifikasi dan menemukan solusi untuk masalah lingkungan baik secara global maupun lokal.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah dan latar belakang tujuan diperingatinya Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional setiap tanggal 26 Januari, simak serba-serbinya berikut ini:

Sejarah peringatan Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional, seperti dikutip dari situs National Today, berawal dari bulan Juni 1972, ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadakan konferensi di Stockholm, Swedia. Konferensi ini membahas tentang Lingkungan Hidup Manusia.

Pada konferensi itu, dibahas bahwa prinsip-prinsip dan standar umum tertentu harus diikuti agar dapat melestarikan dan memperbaiki lingkungan hidup saat ini. Setelah itu pada 1975, banyak negara berkumpul dalam “Lokakarya Internasional tentang Lingkungan Hidup”, yang diadakan di Beograd.

Dalam Lokakarya Internasional tentang Lingkungan Hidup di Beograd tersebut diterbitkanlah “Piagam Beograd” yang bertujuan untuk mengilustrasikan tuntutan esensial dari pendidikan lingkungan hidup. Lebih dari 150 negara berpartisipasi dan mempromosikan kemajuan di bidang lingkungan hidup.

Selanjutnya, Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional dirayakan setiap tanggal 26 Januari sejak tahun 1975. Acara peringatan Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional ini menetapkan prinsip-prinsip pendidikan lingkungan dalam kerangka program PBB.

Tujuan diperingatinya Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional, seperti dilansir situs World Wide Fund for Nature (WWF), adalah untuk menyoroti pentingnya pendidikan yang memungkinkan individu untuk mengeksplorasi keadaan alam, mengidentifikasi masalah lingkungan, dan secara aktif terlibat dalam menyelesaikannya.

Pendidikan perlindungan alam menciptakan warga negara yang sadar lingkungan dan aktif serta berkomitmen untuk menjaga kelestarian dan kesehatan alam. Pentingnya pendidikan tentang topik penting ini juga diakui di tingkat global, seperti UNESCO.

Dengan adanya peringatan Hari Pendidikan Lingkungan Hidup, mampu menjadi sebuah proses kolektif dan efektif untuk menjangkau lebih banyak orang yang untuk membuat upaya perubahan bagi lingkungan hidup. Selain itu, tujuan utama untuk Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan motivasi untuk melanjutkan upaya pelestarian lingkungan hidup.

7 thoughts on “Tentang Hari Pendidikan Lingkungan Hidup Internasional, yang Diperingati pada 26 Januari”
  1. I know this if off topic but I’m looking into starting
    my own weblog and was wondering what all is needed to get set up?

    I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I’m not very web savvy so I’m not 100% positive. Any tips or advice would be greatly appreciated.
    Kudos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.