Sat. Apr 13th, 2024
Berbagi Informasi

Kemenhub memprediksi sebanyak 28,4 juta warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) akan melakukan mudik Lebaran 2024. Puncak mudik Jabodetebek diprediksi pada Sabtu, 6 April 2024 atau h-4 Lebaran.

“Untuk pemilihan hari berangkat, untuk Jabodetabek terdapat perbedaan dengan nasional, di mana Jabodetabek preferensi masyarakat berpergian ini mulai h-4, kemudian disusul h-3 dan h-2,” kata Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, Robby Kurniawan, dalam jumpa pers virtual, Minggu (17/3/2024).

Berdasarkan data yang dipaparkan Robby, sebanyak 5,20 juta orang akan meninggalkan Jabodetabek pada Sabtu, 6 April 2024 itu.

Sementara itu, Robby menyebut puncak arus balik ke Jabodetabek diprediksi Minggu, 14 April 2024. Puncak arus balik ke Jabodetabek diperkirakan sama dengan puncak arus balik secara nasional.

“Kemudian untuk pulangnya tetap sama seperti nasional, memilih h+3 yaitu hari Minggu, di mana adalah satu hari terakhir sebelum mereka masuk kantor kembali,” sebutnya.

Secara nasional, diprediksi sebanyak 193 juta orang. Puncak mudik diprediksi secara nasional terjadi pada h-2 lebaran, Senin, 8 April 2024 mencapai.

“Untuk hari mudik berdasarkan secara nasional yang paling banyak adalah h-2, namun h-4 sampai dengan h-3 juga sudah mulai tinggi, diperkirakan antara 26,6 juta, h-4 adalah 23,2 juta yang mudik dan h-3 adalah 23,1,” tuturnya.
Sementara itu, arus balik secara nasional berpuncak pada Minggu, 14 April 2024 mencapai 40,99 juta orang. “Kemudian hari balik ini berpuncak pada h+3,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.