Sat. May 18th, 2024
Berbagi Informasi

Timnas Indonesia U-23 menang atas Korea Selatan pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4) dini hari waktu Indonesia.

Korea Selatan sempat membobol gawang Indonesia melalui Lee Kang Hee, namun wasit menganulir setelah mendapat masukan dari VAR bahwa ada pemain Korea yang berada di posisi offside dalam proses gol.

Sepakan apik Rafaael Struick dari luar kotak penalti membobol gawang Baek Jong Bum yang tak bisa menggapai bola pada menit ke-16. Sebelumnya ada kolaborasi Marselino Ferdinan, Witan, dan Struick.

Pada menit terakhir waktu normal babak pertama Korea menyamakan kedudukan. Sundulan Eom Ji Sung mengenai kepala Komang Teguh dan bola masuk ke gawang Indonesia. Skor 1-1.

Tiga menit berselang Timnas Indonesia U-23 kembali memimpin berkat gol Struick menyelesaikan umpan Ivar Jenner.

Setelah skor 2-1 pada babak pertama, Indonesia memiliki sederet peluang pada 15 menit awal melalui Struick, Arhan, dan Marselino. Di sisi lain serangan Korea pun tak kalah bahaya.

Pada menit ke-68 wasit Evans memberi kartu merah kepada Lee Young Jun yang menekel Hubner.

Kurang jumlah pemain justru membuat Korea bisa mencetak gol pada menit ke-84. Jeong Sang Bin menuntaskan sepakan dengan baik menyelesaikan umpan Hong Yun Sang.

Pada masa injury time babak kedua, pelatih Korea Hwang Sun Hong diusir dari bangku cadangan.

Skor 2-2 hingga waktu normal membuat laga berlanjut ke babak tambahan 2×15 menit.

Indonesia memiliki deretan kans pada laga extra time, namun sepakan Nathan Tjoe-A-On, Jeam Kelly Sroyer, dan Justin Hubner tidak bisa membobol gawang lawan. Adu penalti jadi penentu pertandingan ini.

Kim Min Woo menjadi eksekutor pertama Korea dan membobol gawang Ernando. Skor sama setelah Ramadhan Sananta bisa menuntaskan tugas dengan baik.

Ernando hampir bisa menjangkau sepakan Lee Kang Hee, namun bola tetap masuk ke gawangnya. Pratama Arhan membalas dengan sepakan kencang.

Hwang Jae Hoon menjadi algojo ketiga dan menipu Ernando. Struick yang maju sebagai penembak penalti ketiga Indonesia juga menuntaskan tugas dengan baik.

Sepakan Baek Sang Hoon terbaca oleh Ernando, namun bola masih masuk ke gawang. Marselino menunaikan tugas dan skor kembali imbang.

Byun Jun Soo menempatkan bola tak terjangkau Ernando. Sepakan Justin Hubner bisa digagalkan Baek Jong Bum, namun penalti diulang karena Jong Bum bergerak lebih dulu. Tendangan kedua Hubner bisa merobek gawang Korea.

Eksekusi Kang Sang Hyun pada tendangan keenam diblok Ernando, sementara tendangan Arkhan Fikri meleset.

Sang Bin menjadi pemain Korea keenam yang bisa mencetak gol. Jeam Kelly Sroyer turut mencetak gol dan skor adu penalti menjadi 6-6.

Hong Yun Sang mencetak gol ketujuh bagi Korea dari titik 12 pas. Rizky Ridho kemudian membalas dengan sepakan akurat.

Cho Hyun Taek melepaskan tendangan keras yang membuat gawang bergetar. Muhammad Ferarri lantas mengeksekusi tendangan tak kalah apik.

Baek Jong Bum mencetak gol pada eksekusi ke-10. Ernando Ari pun melesakkan bola dengan baik membuat Jong Bum tak berkutik.

Kim Min Woo kembali maju sebagai eksekutor dan menuntaskan tugas dengan baik. Ramadhan Sananta yang mengulang kembali tendangan tanpa kesalahan.

Lee Kang Hee yang sebelumnya bisa membobol Ernando, kali ini tak bisa mencetak gol. Arhan kemudian tampil sebagai penentu kemenangan Indonesia atas Korea Selatan dalam babak adu penalti dengan skor 11-10.

Susunan Pemain Indonesia vs Korea Selatan:

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Komang Teguh, Justin Hubner; Ilham Rio Fahmi, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Timnas Korea Selatan U-23: Baek Jong Bum; Byun Jun Soo, Cho Hyun Taek, Hwang Jae Won, Hong Si Hoo, Lee Kang Hee, Paik Sang Hoon, Eom Ji Sung, Kang Seong Jun, Lee Tae Seok, Kim Dong Jin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.