Sat. May 18th, 2024
Berbagi Informasi

PDIP menyiapkan sejumlah nama untuk diusung di pemilihan gubernur-wakil gubernur Jakarta pada Pilkada 2024 mendatang. Sejumlah pejabat tinggi negara termasuk di antaranya.

Sekretaris DPD PDIP Jakarta Pantas Nainggolan mengatakan saat ini masih dalam tahap penjaringan. Semua nama yang dipertimbangkan memiliki kans yang sama.

“Setelah kita jaring baru kemudian dilakukan penyaringan gitu. Setelah dilakukan penyaringan-penyaringan, mungkin akan dilakukan tes-tes tertentu apakah itu psikotes, yang urusannya dengan kepemimpinan dan lain sebagainya,” kata Pantas di Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/4).

Pantas menerangkan ada tiga kriteria yang dipakai PDIP untuk menentukan calon gubernur Jakarta.

Kedua, bisa memenuhi harapan Jakarta ke depan. Ketiga, mengutamakan persatuan dan toleransi yang tinggi dan membuat Jakarta tetap sebagai cermin Indonesia.

“Ada nilai-nilai dasar yang harus mutlak harus dimiliki,” kata Pantas.

Berikut sejumlah nama yang tengah digodok PDIP untuk diusung sebagai calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

  • Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma)
  • Menpan-RB Azwar Anas
  • Mantan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi
  • Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
  • Mantan Panglima TNI Andika Perkasa
  • Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Di sisi lain, Pantas mengatakan, PDIP juga membuka kesempatan bagi warga di luar partainya untuk mendaftar sebagai Cagub DKI Jakarta. Mereka akan tetap melakuakn penjaringan dan tahapan selanjutnya.

“Setelah kita jaring baru kemudian dilakukan penyaringan gitu. Setelah dilakukan penyaringan-penyaringan, mungkin akan dilakukan tes-tes tertentu apakah itu psikotes, yang urusannya dengan kepemimpinan dan lain sebagainya,” terangnya.

Anggota DPRD DKI Jakarta itu menekankan faktor elektabilitas menjadi yang terpenting dalam menentukan cagub yang akan diusung. Di sisi lain, PDIP tetap memprioritaskan kader partainya sebagai cagub DKI.

“Utama sudah pasti lah kader yang menjadi prioritas. Tapi sekali lagi kan itu yang perlu dilihat, elektabilitas juga menjadi sangat penting. Tetapi ada nilai nilai dasar yang harus mutlak harus dimiliki,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.