Sat. Apr 13th, 2024
Berbagi Informasi

PKS dan PKB saling menunggu untuk melakukan silaturahmi usai terlaksananya deklarasi capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said memandang pertemuan kedua partai hanya tinggal menunggu waktu.

Ia menegaskan tidak ada ketegangan di antara kedua partai tersebut untuk bertemu.

“Insyaallah tidak ada ketegangan, tidak ada perbedaan pandangan,” kata Sudirman di Sekretariat Perubahan, Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).

Menurut Sudirman, kedua partai tentu perlu mengatur waktu untuk menggagendakan pertemuan. Apalagi diketahui deklarasi Anies-Muhaimin dilakukan secara cepat.

“Coba teman-teman kebayang dalam waktu yang begitu singkat tiba-tiba terjadi deklarasi. Pasti PKB juga sedang menata jadwal. Kemudian juga di PKS,” kata Sudirman.

 

Saling Tunggu

Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Keadilan Sejahtera saling tunggu-menunggu untuk melakukan silaturahmi.

Setelah sebelumnya PKS yang menyatakam menunggu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melakukan sowan sebelum menggelar Musyawarah Majelis Syura penentuan dukungan terhadap cawapres Anies Baswedan, kini giliran PKB yang bilang mereka menunggu keputusan MMS PKS lebih dulu sebelum melakukam kunjungan.

“Kita menunggu dukungan itu dan kita akan segera silahturahmi kepada PKS,” kata Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal di kantor PKB, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).

PKB ingin memastikan lebih dulu bahwa PKS melalaui keputusan Majelis Syura sudah mantap mendukung tidak hanya Anies seorang, melainkan terhadap Cak Imin sekaligus selaku pasangan Anies. Karena itu PKB ingin melakukam silaturahmi usai adanya dukungan dari PKS terhadap pasangan AMIN atau Anies-Muhaimin.

“Kan pesan pertama tadi sudah disampaikan, jangan sampai kita ke sana mekanisme yang ada di internalnya belum selesai. Jadi kita tunggu bagaimana mekanisme yang tadi disampaikan sudah selesai baru kita akan silahturahmi,” ujar Cucun.

Hal senada ditegaskan Walil Bendahara Umum PKB Bambang Susanto. Ia menegaskan PKB memunggu hasil Musyawarah Majelis Syura sebagai mekanisme internal di PKS dalam menentukam cawapres bagi Anies, dalam hal ini Cak Imin.

“PKS akan melaksanakan mekanisme internal dulu untuk melakukan, untuk menyatakan dukungan kepada pasangan Pak Anies dan Pak Muhaimin. Ya kita tunggu, kalau itu sudah dilakukan diputuskan baru kita akan silahturahmi,” kata Bambang di kantor DPP PKB.

 

PKS Tunggu Cak Imin

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menunggu silaturahmi dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sebelum menggelar musyawarah Majelis Syura terkait penentuan calon wakil presiden untuk Anies Baswedan.

Diketahui PKS sudah lebih dulu memutuskan mendukung pencapresan Anies. Kekinian meski Anies sudah memilih Cak Imin, PKS masih akan melakukan musyawarah lebih dulu sebelum memutuskan. Tetapi sebelum diputuskan, PKS menunggu Cak Imin sowan lebih dulu.

“Ya insyaAllah (musyawarah digelai usai bertemu Cak Imin),” kata Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Jazuli menegaskan bahwa PKS memang kerap menunggu hasil musyawarah Majelis Sruya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan terkait langkah dan kebijakan partai

“Kalau PKS dalam menentukan keputusan-keputusan strategis memang selalu melalui sistem dan mekanisme Majelis Syura, itu selalu di PKS,” kata Jazuli.

Sementara itu terkait menunggu kedatangan Cak Imin, Jazuli belum mengetahui pasti kapan jadwal silaturahmi itu dilakukan. Jazuli hanya memastikan bahwa PKs terbuka terhadap kunjungan PKB, terlebih Cak Imin yang kini merupakan cawapres dari Anies.

“Pokoknya tunggu saja. Insyaallah mudah-mudahan silaturahmi itu,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.