Fri. Feb 23rd, 2024
Berbagi Informasi
Bank Rakyat Indonesia (BRI) berhasil memberdayakan 3.178 desa di seluruh Indonesia melalui program Desa BRILian pada tahun 2023. Program ini berkontribusi terhadap peningkatan inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi di desa.Program Desa BRILian memiliki empat pilar penopang, yaitu menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai motor ekonomi desa, digitalisasi desa, mendorong inovasi di desa, serta membangun keberlanjutan dan ketangguhan dalam mengembangkan desa.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi kontribusi BRI dalam mengembangkan desa-desa di Indonesia. Ia berharap BRI dapat terus menjadi lembaga jasa keuangan yang memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan perekonomian di desa.

“Program ini menjadi suatu terobosan untuk mendorong desa di seluruh Indonesia agar mampu mengembangkan potensi desa, meningkatkan kapabilitas baik berupa peningkatan softskill dan hardskill melalui aktivitas pemberdayaan yang berkesinambungan yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di desa,” ujarnya saat hadir acara Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 yang dikutip, Jumat (12/1/2024).

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, program Desa BRILian fokus pada pengembangan aspek entrepreneurship, kemampuan mengembangkan kelembagaan, skill digitalisasi, dan lainnya terhadap pencapaian SDGs.

“Kita tak sekadar memberi ikan tapi juga kailnya. Pemberdayaan sampai mereka bisa mandiri baik secara entrepreneurship, manajerial, administrasi, leaderhip, akses pasar, hingga akses informasi teknologi yang dikembangkan mampu mengelola potensi desa untuk terus unggul,” imbuh Sunarso.

Menurut dia, Progran ini juga meningkat jumlah penabung di BRI. Tercatat nasabah penabung BRI naik 47,7 persen, sehingga total mencapai 32 juta orang memiliki rekening tabungan BRI.

“Bahkan dari program ini, DPK BRI turut naik menjadi 29,9 persen atau mencapai lebih dari Rp6 triliun. Nasabah kredit naik 26 persen, sebanyak 177.000 orang yang tadinya tak berani mengambil kredit, saat ini berani mengambil kredit, nilainya pinjaman desa mencapai lebih dari Rp16,1 triliun. Lalu Agen BRILink juga mencapai lebih dari 700 ribu agen di desa,” imbuh Sunarso.

Kisah sukses para desa yang telah diberdayakan oleh BRI dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Indonesia. BRI mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program Desa BRILian agar dapat terus memberikan dampak positif bagi pembangunan ekonomi di desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.