Sat. Apr 13th, 2024
Berbagi Informasi

Sepeninggal Ganjar Pranowo yang sudah dua periode menjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng), kini bermunculan sejumlah nama yang meramaikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) wilayah tersebut.

Sejumlah nama dari kalangan muda, seperti mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Kendal Dico Ganinduto, Anggota DPR Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono muncul dalam bursa cagub.

Mengamati fenomena tersebut, Akademisi Universitas Sebelas Maret (UNS) Agus Riewanto mengungkapkan, Bursa Calon Gubernur Jateng dari kalangan muda itu mulai mendominasi setelah Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mentas di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Di era sekarang, dengan munculnya Gibran dinilai sebagai representasi anak muda,” ucapnya.

Gibran, menurutnya, menginspirasi anak-anak muda untuk terjun ke dunia politik.

Apalagi, pada masa sekarang ini sudah berbeda, karena pemilihnya juga banyak berasal dari generasi Z.

“Termasuk juga representasi pada calon gubernur Jateng,” ujarnya.

Meski demikian, Agus mengatakan bahwa, di sisi lain, pengaruh dari popularitas partai juga menjadi salah satu nilai plus.

“Karena untuk kepala daerah ada dua hal untuk kepemimpinan, yang pertama karena ketokohan, kedua karena jejaring sosial dan mesin politik kuat dan ini pasti partai,” tuturnya.

Menurutnya, partai politik memiliki pengaruh besar pada keterpilihan seseorang.

Sementara berdasarkan hasil polling yang ramai beredar, nama Ketua DPW Partai Gerindra Jateng Sudaryono masih berada di posisi atas diikuti Kapolda Jateng M Luthfi. (

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Informasi dan Berita Terbaru - Garuda Media News

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Garuda Media News will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.